RAM (Random-access memory)

RAM (Random-access memory) adalah sebuah perangkat keras untuk menyimpan data pada komputer. Random-access memory memungkinkan data agar dapat diakses (dibaca atau ditulis) di  waktu yang bersamaan tidak bergantung dari lokasi fisik data dalam memori. Berbeda dengan CD-RW, DVD-RW, waktu yang dibutuhkan untuk membaca dan menulis data bervariasi tergantung pada lokasi fisik mereka pada media perekam, hal ini dikarena keterbatasan mekanik seperti kecepatan rotasi media dan gerakan lengan.

RAM berisi sirkuit multiplexing dan demultiplexing untuk menghubungkan jalur data ke penyimpanan yang ditujukan untuk membaca atau menulis entri. Biasanya lebih dari satu bit penyimpanan diakses dengan alamat yang sama, dan perangkat RAM sering memiliki beberapa baris data dan dikatakan '8-bit' atau '16 -bit' dll.

Sekarang, random-access memory berbentuk sirkuit terpadu. RAM biasanya dikaitkan dengan jenis memori volatile (seperti modul memori DRAM), dimana informasi yang disimpan hilang jika daya dihilangkan, meskipun banyak upaya telah dilakukan untuk mengembangkan chip RAM non-volatile. Jenis-jenis memory non-volatile ada yang memungkinkan akses acak untuk operasi baca, tapi tidak memungkinkan operasi tulis atau memiliki keterbatasan. Ini termasuk sebagian besar jenis ROM dan jenis memori flash disebut NOR-Flash.

Integrated-circuit RAM atau RAM sirkuit terpadu muncul di pasaran pada awal tahun 1970, dengan chip pertama yang tersedia secara komersial DRAM, Intel 1103, yang diperkenalkan pada Oktober 1970.



Komentar

Postingan Populer