MAC Address

MAC address (Media Access Control) juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address adalah sebuah identifikasi unik yang dimiliki oleh setiap Network Card Komputer, Switch, Router, Access Point, atau apapun yang mungkin dihubungkan ke jaringan.

MAC Address mengizinkan perangkat-perangkat dalam jaringan agar dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, dalam sebuah jaringan berbasis teknologi Ethernet, setiap header dalam frame Ethernet mengandung informasi mengenai MAC address dari komputer sumber (source) dan MAC address dari komputer tujuan (destination). Dalam sebuah komputer, MAC address ditetapkan ke sebuah kartu jaringan (network interface card/NIC) yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang bersangkutan ke jaringan.

Pada umumnya MAC Address tidak dapat diubah karena telah dimasukkan ke dalam ROM. Beberapa kartu jaringan menyediakan utilitas yang mengizinkan pengguna untuk mengubah MAC address, meski hal ini kurang disarankan. Jika dalam sebuah jaringan terdapat dua kartu jaringan yang memiliki MAC address yang sama, maka akan terjadi konflik alamat dan komputer pun tidak dapat saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya. Beberapa kartu jaringan, seperti halnya kartu Token Ring mengharuskan pengguna untuk mengatur MAC address (tidak dimasukkan ke dalam ROM), sebelum dapat digunakan.

Ada beberapa cara untuk mengetahui MAC Address tergantung dari sistem operasi yang digunakan yakni sebagai berikut:


IPCONFIG (dalam Windows NT, Windows 2000, Windows XP dan Windows Server 2003).


WINIPCFG (dalam Windows 95, Windows 98, dan Windows Millennium Edition).


/sbin/ifconfig (dalam keluarga sistem operasi UNIX )

Komentar

  1. thanks gan :v :v , btw klu di buka di mobile kok artikelnya warna hitam gan?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer